INFORMASI :

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Quisque semper tellus id quam sollicitudin, non congue enim bibendum.

PEMBINAAN PENGURUS ( KETUA DAN SEKRETARIS ) KELOMPOK PKK RT DAN RW

PEMBINAAN PENGURUS ( KETUA DAN SEKRETARIS ) KELOMPOK PKK RT DAN RW

Dalam rangka meningkatkan Kapasitas Pengurus Kelompok PKK Tingkat RT dan RW yang baru terbentuk , Pemerintah Desa Grogolpenatus pada hari Rabu, 8 November 2023 bertempat di Aula Desa Grogolpenatus melaksanakan Pembinaan.Dalam hal ini yang hadir adalah Ketua dan Sekretaris Kelompok PKK tingkat RT dan RW.

MATERI PEMBINAAN

1.    Pengertian PKK:

PKK singkatan dari Pembinaan Kesejahteraan Keluarga, adalah organisasi kemasyarakatan yang memberdayakan wanita untuk turut berpartisipasi dalam pembangunan Indonesia. PKK mempunyai visi untuk mewujudkan keluarga yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia dan berbudi luhur, sehat sejahtera lahir dan batin. PKK memiliki beberapa tingkatan, contohnya :

1.   PKK tingkat RT merupakan pembinaan Kesejahteraan Keluarga dalam satu RT. Perkumpulan PKK RT terhimpun dari Dasa wisma

2.   PKK tingkat RW merupakan pembinaan kesejahteraan Keluarga dalam Satu RW. Perkumpulan PKK RW terhimpun dari beberapa RT dalam Satu RW, selain itu PKK RW merupakan jembatan ataupun penghubung antara Tim penggerak PKK Kelurahan dengan PKK RT terkait informasi dan tugas PKK.

3. TP PKK Tingkat Kelurahan merupakan pembinaan kesejahteraan Keluarga dalam satu Kelurahan dan merupakan himpunan dari beberapa RW. Tugas TP PKK Kelurahan adalah memberikan kegiatan yang berhubungan penunjang Kesejahteraan Keluarga. Selain itu menyampaikan informasi dari TP PKK Kecamatan maupun TP PKK Kota terkait Kesejahteraan Keluarga dan membina PKK RW dan RT yang selanjutnya melaporkan Ke TP PKK Tingkat Kecamatan.

2.    10 Program PKK :

Dalam rangka mewujudkan visi PKK, PKK mempunyai program yang dikenal dengan istilah  10 Program Pokok PKK. 10 Program PKK tersebut yaitu :

1.     Penghayatan dan Pengamatan Pancasila,

  1. Gotong Royong,
  2. Pangan,
  3. Sandang,
  4. Perumahan dan Tata Laksana Rumah Tangga,
  5. Pendidikan dan Keterampilan,
  6. Kesehatan,
  7. Pengembangan Kehidupan Berkoperasi,
  8. Kelestarian Lingkungan Hidup, dan
  9. Perencanaan Sehat

3.    Sekretariat PKK :

Salah Satu penunjang kegiatan PKK adalah tersedianya sarana dan prasarana, salah satunya adalah Kantor Sekretariat PKK. PKK Kelurahan Ngesrep memiliki secretariat PKK yang terletak dikomplek Kantor Balai Desa Grogolpenatus Kecamatan Petanahan. Sekretariat Ini memiliki fungsi untuk pertemuan Pengurus PKK dan berdiskusi terkait program Kerja PKK Kelurahan Ngesrep dan kegiatan PKK Kelurahan Ngesrep yang sudah berjalan atupun yang belum berjalan sesuai dengan Rencana Kerja. Selain itu sekretariat ini berfungsi menerima tamu yang berkaitan dengan PKK Desa Grogolpenatus, salah satunya adalah konsultasi terkait program kerja PKK.

4.    Tugas Dan Fungsi Bidang di PKK :

PKK Kelurahan Ngesrep memiliki beberapa bagian/bidang yang masing-masing bidang berkontribusi dalam menjalan Kesejahteraan Kelurga. Berikut tugas dari masing-masing Bidang:

1.     Sekretaris : mencatat hasil rapat, menangani surat menyurat, berkoordinasi dengan masing-masing bidang terkait tugas dan kegiatan masing-masing bidang dan melaporkan kepada ketua TP PKK.

2.    Bendahara : membuat spj, menangani keuangan yang ada di PKK dan melaporkan kepada Ketua TP PKK yang selanjutnya TP PKK melaporkan Ke Kepala Desa sebagai Kuasa Pengguna Anggaran. Dimana Anggaran TP PKK bersumber dari APBDesa.

3.     Pokja I : bertugas sebagai pengelola program Pengahayatan dan Pengamalan Pancasila dan Ke-gotong royongan. Contoh program nya adalah : penyuluhan undang-undang perkawinan, kegiatan keagamaan, Pemberian bantuan sumbangan kepada anak yatim piatu dan Korban bencana alam, Pembinaan Bina Keluarga Balita (BKB), Bina Keluarga Lansia (BKL) , Bina Keluarga Remaja (BKR), penyuluhan terakit kenakalan remaja, bahaya narkoba yang dikoordinasikan dengan pihak / dinas terkait seperti kelurahan, babinsa dan bhabinkamtibmas dll.

4.   Pokja II : bertugas sebagai pengelola program pendidikan dan keterampilan dan program        pengembangan kehidupan berkoperasi dan berwirausaha. Contoh program nya adalah mengadakan pelatihan dan kursus bunga dari sedotan, pelatihan kain perca menjadi tas, melaksanakan pendataan dan pencatatan kader pendidikan yang baik, mensosialisasikan literasi membaca pada anak-anak, pembinaan kelompok anak usia dini (PAUD), membina dan mengembangkan UP2K, sosialisasi tentang manfaat berkoperasi dan simpan pinjam.

5.    Pokja III : bertugas sebagai pengelola Program Pangan, sandang dan Perumahan serta tata Laksana rumah tangga

6.    Pokja IV : bertugas sebagai pengelola program kesehatan, kelestarian lingkungan hidup dan perencanaan sehat.

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter