INFORMASI :

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Quisque semper tellus id quam sollicitudin, non congue enim bibendum.

TINGKATKAN RASA PEDULI KESEHATAN JIWA, PEMERINTAH DESA GROGOLPENATUS MELAKSANAKAN POSYANDU JIWA

TINGKATKAN RASA PEDULI KESEHATAN JIWA, PEMERINTAH DESA GROGOLPENATUS MELAKSANAKAN POSYANDU JIWA

GROGOLPENATUS - ODGJ adalah orang yang mengalami gangguan dalam pikiran, perilaku, dan perasaan yang termanifestasi dalam bentuk sekumpulan gejala dan/atau perubahan perilaku yang bermakna, serta dapat menimbulkan penderitaan dan hambatan dalam menjalankan fungsi orang sebagai manusia. Bertempat di Aula Balai Desa Grogolpenatus pada hari Minggu tanggal 11 Agustus 2024 pemerintah Desa Grogolpenatus melaksanakan Posyandu Jiwa Germas Ketawa “Gerakan Masyarakat Sadar Kesehatan Jiwa“. Acara tersebut dihadiri oleh perwakilan dari Puskesmas Kecamatan Petanahan, Pemerintah Desa, Bidan Desa, Kader Kesehatan jiwa, ODGJ dan lain-lain.

Kegiatan ini merupakan wujud rasa kepedulian pemerintah desa terhadap ODGJ yang ada didesa serta upaya pemerintah desa dalam pelayanan kesehatan jiwa dalam menekankan upaya promotif, preventif, dan rehabilitasi dengan tidak melupakan pelayanan kuratif. Upaya pelayanan kesehatan tersebut dapat dilakukan dengan memanfaatkan pemberdayaan masyarakat melalui kader kesehatan jiwa yang didukung dan diawasi oleh tenaga kesehatan profesional.

Kegiatan tersebut meliputi pemeriksaan tekanan darah, gula darah, penimbangan berat badan serta senam bersama. Selain itu, peserta ODGJ dan pendamping yang hadir dalam posyandu tersebut, diberikan makanan dan minuman bergizi guna memenuhi gizi para ODGJ.

Disamping itu, kegiatan tersebut juga difungsikan sebagai media sosialisasi terkait dengan Kesehatan oleh Puskesmas Kecamatan Petanahan, serta edukasi dari KUA Kecamtan Petanahan.

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter