INFORMASI :

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Quisque semper tellus id quam sollicitudin, non congue enim bibendum.

TIRAKATAN, CARA WARGA GROGOLPENATUS MENGENANG PERJUANGAN PARA PAHLAWAN

TIRAKATAN, CARA WARGA GROGOLPENATUS MENGENANG PERJUANGAN PARA PAHLAWAN

GROGOLPENATUS - Malam tirakatan 17 Agustus adalah tradisi yang sudah tak asing jelang Hari Kemerdekaan Indonesia. Biasanya, tradisi tersebut diiringi lantunan doa dan refleksi atas perjuangan pahlawan serta harapan bangsa ke depannya. Tradisi tirakatan 17 Agustus termasuk momen sakral bagi masyarakat Indonesia, khususnya Jawa. Karenanya, tradisi ini tak dapat terpisahkan dari momen perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia. Bertempat di Aula Balai Desa Grogolpenatus pada Hari Jum'at (malam Sabtu) tanggal 17 Agustus 2024 Pemerintah Desa mengadakan Tirakatan atau Doa bersama, acara tersebut dihadiri oleh Pemerintah desa, BPD,  lembaga-lembaga kemasyarakatan desa, Kaum, Kunci makam, tokoh Agama, tokoh maysrakat, masyarakat wilayah setempat,dll. 

Malam tirakatan menjadi malam yang khidmat saat nama-nama para pejuang desa tersapa oleh imam tahlil yang sangat menghafal nama-nama tokoh desa, mantan kepala desa dan perangkat desa, serta tokoh pejuang desa lainnya. Desa Grogolpenatus yang saat ini kita jumpai, tak lepas dari para pejuang desa yang tak berpamrih dalam memperjuangkan kehidupan dan hak-hak masayarakat luas di desa. Para pejuang desa, dengan tanpa segenggam imbalanpun, beliau-beliau dengan suka rela menyebarkan pengetahuan bahkan ajaran agama demi perdaban manusia yang lebih baik. 



 

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter